Rabu, Juli 27, 2005

C'est le jour final de ma classe française...

Phew... Akhirnya, kelas pendidikan yang bertemakan Bahasa Prancis kelar juga. Pendidikan bahasa ini diselenggarakan oleh salah satu unit di kantor gw bekerja sama dengan Lembaga Pendidikan Bahasa Prancis CCF. Lumayan juga sih.. Gw gak perlu jauh-jauh ke tempat les yang paling dekat pun sekitar 5 km dari kantor. Gak perlu bermacet-macet ria di jalanan, dan yang mbuat nyaman juga bayarannya jauh lebih murah ketimbang di tempat lesnya sendiri. Inilah yang dinamakan subsidi :)

Tapi mungkin karena di subsidi, jadi kurang merasa memiliki kelas tersebut. Gw masih aja gak ngerti-ngerti amat bahasa Prancis. Kalo mbaca sih agak-agak ngerti apa yang dimaksud, tapi kalo disuruh mbuat kalimat dalam bahasa prancis, wah... susah! Tapi, at least gw udah punya small step for a giant leap buat bahasa prancis...

Kayanya gw harus ngambil les sendiri secara mandiri dah.. Gw masih merasa masih bisa mengusahakan sendiri untuk les. Agar rasa memiliki kelas dapat lebih melekat, dapat lebih membuat gw bertanggung jawab dengan kelas yang telah gw pilih.

Speaking of which, apakah masih ada ya orang yang berpikir kalo segala macam subsidi yang diberikan pemerintah di negara ini hanya untuk orang-orang yang memerlukan? Kita lihat dari subsidi BBM. Dibandingkan dengan negara lain, harga per liter bensin di negara ini jauh lebih murah. Apakah mungkin karena itu, orang-orang jadi tidak merasa 'memiliki' BBM? Perjalanan jarak dekat saja ingin menggunakan mobil. Yah, mungkin pembenaran yang dipakai adalah belum nyamannya public transportation di sini.

Gw jg tidak menyalahkan adanya pembenaran itu... Tapi bukannya akan lebih baik bila subsidi itu cuma diberikan ke mass transportation, sehingga ongkos bis PPD, metromini, kopaja, mikrolet jadi tetap murah. Subsidi tidak diberikan ke mobil-mobil yang berkapasitas silinder besar (mungkin di atas 2000cc) . Biarlah mereka membeli bensin tanpa subsidi. Pemerintah juga sedang berpikir untuk menerapkan kebijakan ini. Alasannya, bila mampu membeli mobil ber-cc gede, artinya orang yang kaya... ntah dari mana penarikan kesimpulan itu muncul tapi yang jelas gw pernah membaca ini di salah satu harian di republik ini.

Secara pribadi gw mendukung hal ini--terlepas dari bagaimana mekanisme pemerintah untuk menjaga agar kebijakan ini dapat diawasi pelaksanaannya. Bukan karena gw blum punya kendaraan pribadi, tapi karena gw pikir masih banyak orang-orang lain yang seharusnya bisa menikmati subsidi ini... Pendidikan, Kesehatan juga membutuhkan dana yang tidak murah untuk diselenggarakan di negara ini...

... just a simple thought ...

1 komentar:

Anonim mengatakan...

cie cie..dari dulu dong belajar bahasa prancisnya, biar dulu bisa ngobrol sedikit ter-enkripsi.

tin, fotomu dengan rambut gitu kribo gitu, bagus deh hehe.