Senin, April 02, 2007

Wahai kaum wanita,
seandainya kamu mengerti kewajiban dirimu terhadap suamimu, tetntu seorang istri akan menyapu debu dari kedua telapak kaki suaminya dengan wajahnya (Pesan dari Aisyah RA kepada seluruh istri yg menyayangi suaminya)


awalnya sih, kaget juga ya. mbaca quotation itu di buku "Istri Berkarir, Suami Berlari: Mencegah laki-laki selingkuh". Sampai segitunya kah kewajiban sang istri terhadap suaminya? karena penasaran, jadinya tergodalah untuk membeli buku itu dan membacanya

sekilas, buku tersebut sebenarnya berusaha untuk menceritakan dari sudut pandang Agama Islam. Tapi, gak seperti buku-buku Islami lainnya, buku ini jarang sekali mengutip Al-Quran dan Al-Hadist. [wah, jadi ragu. ini buku dasarnya apaan ya?]

eniwey, kalo dipikir secara ringan, gak ada salahnya wanita bekerja. Lah, sekarang ini jaman susah bung! Tuntutan jaman yg memaksa suami dan istri bekerja. Sampe di sini, pemikiran ku masih in-line dengan khalayak ramai :) tapi wanita bekerja hingga jadi wanita karir? hmmm... ada sedikit konflik batin nih. Di otak dan pemikiranku udah ada sedikit pertentangan tentang hal itu. Tapi, ntar lah diceritain. Yang penting pingin mbaca buku ini dulu..

Sambil terus skiming, ada bab yg juga ada dipikiranku: "Kecantikanmu untuk siapa?" Kita liat bahwa banyak banget wanita-wanita cantik di luar sana. cantik di sini ku batasi dengan cantik karena berdandan. Tiap kali mo keluar rumah, dandannya bisa sampe berjam2. Tapi kalo di rumah doang, mereka dandan ga ya? kalo nggak, berarti mereka cuma dandan hanya untuk orang luar rumah dong... trus suami bangun dan ngeliat istrinya dalam keadaan gak dandan mgkn jadi kaget kali ya. Lho, kok istri gw gak punya alis? [hehehe.. ini karena sang istri mencukur alisnya biar bisa ganti2 bentuk alis :P] mgkn poin ini yg dicoba dikutip oleh pengarang untuk menyadarkan bahwa kecantikan seorang istri itu untuk siapa..

hmm.. masih banyak yg harus ku gali lagi di buku ini... I'll be right back after read this book.



[sebuah pengantar untuk menggugah pemikiranku sendiri tentang wanita karir, comments are welcome here]

15 komentar:

Anonim mengatakan...

Wah, pas bgt td pg lg mikir sebetulnya istri itu bole kerja ato ga. Dan sampe ke kesimpulan kalo mungkin 'bole2 aja kerja, asalkan keluarganya ga terlantar'. Hehe, betul ga ya? :D

Anonim mengatakan...

nah kl suami kerja tp keluarga masih tetap telantar gimana coba???

dulu hampir semua istri ngejalanin tugasnya, tp banyak suami yang memanfaatkan kondisi, banyak suami yang ga ngerti posisinya. Banyak laki2 sekarang yang juga ga ngerti posisinya sebagai laki2 dan sebagai suami.

Sekarang perempuan belajar dari masa lalu. Ga ingin dimanfaatkan dan ingin mendapatkan haknya. Tp semua salah mengartikan. Emansipasi yg tujuannya untuk menyelamatkan perempuan malah bisa menyerang balik. Karena laki2 dan masyarakat masih arogant untuk mengakui kesalahan mereka di masa lalu yang terlalu menekan perempuan. Hanya karena itu dulu adalah bagian dari budaya. Dan bisakah budaya disalahkan?

tintin mengatakan...

@dibond:
gw jg gak tau nih, kan blom selesai mbaca bukunya :) ntar gw kasih tau deh bukunya kaya apaan...

tintin mengatakan...

@anggi:

wah, gw ga tau ya nggi.. kan gw gak bilang kl gw nyalahin sang istri. gw jg gak bilang laki2 itu terlalu arogan untuk mengakui kesalahannya.

kalo gw si, sang istri harusnya mbaca buku ini, trus sang suami jg harus mbaca buku hak dan kewajiban laki-laki sebagai suami. nah yg dititikberatkan bukan haknya, tapi kewajiban dulu..

tapi sante ngii.. gw aja blom kelar mbaca buku ini.. jd gw gak tau inti buku ini tuh apaan. apa bisa njawab pertanyaan2 gw ato malah mbuat pertanyaan2 baru... :)

Anonim mengatakan...

MM.. mmm
Tintin, sepertinya udah waktunya buat awak menikah nih :D
Sana minta doa dapet jodoh ke Estuda (mau Umroh), siapa tahu doanya makbul (padahal dia sendiri belon nikah...)
Btw, inti nikah itu komunikasi aja kok. G boleh lu-lu gue-gue, jangan ungkit2 kesalahan or ungkit2 kelebihan. Kalau nggak, ya kacau dijamin.

tintin mengatakan...

@ricky:
hehehe... gw sih sering minta doain ama yg umroh. tp kok ya malah gak jadi ya? :) yah, ga tau deh..

tp dimana2 sih emang butuh namanya komunikasi, makanya dulu gw beli communicator :P hehehehe...

anyway, thanks for the advise ;) gw blom selesai mbaca bukunya. tipis sih, tp gak sempet aja :D

Anonim mengatakan...

Wah tin, masalah istri kerja gak selalu bikin masalah suami selingkuh. Karena pada kenyataannya, banyak juga rumah tangga yang hancur karena istri tidak bekerja. Penyebabnya karena istri jadi kehilangan jati diri, sehingga tidak mampu melayani keluarganya dengan baik. Yang penting adalah berperan sesuai dengan kewajibannya masing-masing. Kewajiban sendiri ada yang bisa disepakati, bentuknya bisa berbeda2 tiap keluarga.

Tentang wanita karir, ada definisi yang lebih jelas nggak? :D Yang pasti, sesuatu yang berlebihan itu kecenderungannya tidak baik. Yang seimbang2 aja lah. Jangan sampai anak kandung jadi anak pembantu. Tapi segala sesuatu kan bisa dikompromikan. Asal suami dan istri sama2 berkepala dingin, duduk bareng membicarakan semua masalah dengan tenang. Insya Allah pasti ada solusinya.

Tentang masalah dandan, kayaknya subjektif sekali juga. Karena cantiknya istri bagi suami ternyata bisa berbeda. :) Gak mesti istri dandan terus suaminya bilang kalau dia jadi cantik. Karena bisa saja 'wajah bangun tidur'-nya wanita adalah wajah yang paling cantik bagi suaminya. Ya tapi aku setuju, wanita harus paling cantik di depan suaminya (para suami, bilang lah terus terang ke istri, dia paling cantik kalo gimana). Kalau yang lain sih, asal sopan, bersih, dan rapi. Berdandan berlebihan juga tidak baik, terutama bagi kocek.

Cepet critain bukunya tentang apa ya. :D

tintin mengatakan...

@eee:
wah, kan gw gak bilang wanita gak boleh bekerja. tp yg jadi pertanyaan gimana islam ngeliat wanita karir dalam rumah tangganya :) dan memang tidak ada korelasi yg jelas antara istri bekerja, dengan keluarga yg ancur :P

kalo dandan, hmm... kmrn gw ngajak temen gw diskusi ttg buku ini, dia juga bilang bahwa dia lebih pingin terlihat cantik di rumah untuk suaminya ketimbang terlihat cantik ketika dia bekerja. jd gak perlu alis dicukur biar bisa terlihat cantik di depan publik, tp pas suami bangun tidur ngeliat sang istri ga pake alis kan rada2 gimanaaa gitu :P hehehe [no offense buat yg alisnya di cukur abis]

Anonim mengatakan...

pikka ama jacky ga pernah cukur alis apalagi dandan...apalagi mandi juarang bgt kekeke, tp masih cantik aja ...uuuu kuci kuci.

ya kayaknya, semua orang, laki2 ato perempuan masih harus terus belajar untuk mencari tau posisinya dan kewajibannya serta haknya. Bukan hanya berdasarkan budaya ato lingkungan, tp berdasarkan yang sebenar-benarnya.

harus terus membuka pikiran nih dan legawa..
susah yah, mana aku kan keras kepala bgt! :/

Anonim mengatakan...

test .. wah kok komen gw yg kemaren kagak masuk ya Tin? komen gw begini nih: klo dipikir2 mana pun dari kedua pilihan tsb (istri kerja ato tidak) ada pros/cons nya.. tp kalo menimbang2 biaya hidup di 'zakarta' ini begitu tinggi yah apa salahnya kalo 'double gardan' kan lumayan buat nambah income keluarga.. minimal dari sisi ekonomi akan cukup terbantu dan soal uang tidak akan jd kambing hitam percek-cokan keluarga...lagian kalo dibilang karna istri kerja maka akan berakibt si suami/istri jadi selingkuh kayaknya ga juga lah ya.. soalnya banyak istri yg ngga kerja ..eh suaminya teuteup aja selingkuh nyari yg baru ..iya ga sih? :)

IaNz mengatakan...

agree sama mr.octopus, ibarat mobil, kalo' satu ban aja yang jalan..mobilnya gak mulus jalannya.
yang penting buat su-is sadar kewajiban dan sadar hak, plus komitmen itu sendiri

Maroon mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Maroon mengatakan...

hi.. g comment ya...

kalo menurut g salah satu alasan istri bekerja itu karena untuk safety net keluarga, tp suami tetap harus bekerja, gimanapun sang ayahlah yang harus mencari nafkah atau seengak2nya berusaha, sama seperti istri yang tidak boleh melepas peran sebagai ibu... Ya kalo sang istri ternyata punya penghasilan yang lebih besar dari suami berarti memang rejeki untuk pasangan itu.... ;)

safety net itu perlu karena kondisi ekonomi sekarang makin susya dan ga pasti.. Apalagi kerja di pers swasta haree genee, td aja baru denger di berita kalo citibank bakal lay off 17000 karyawan world wide.. kebayangkan
kalo suami/istri kita salah satu dari karyawan tersebut, sedangkan mereka adalah satu2nya sumber income keluarga...
gimanapun harus berusaha dan ga usa gengsi, because we're partners

tp semua ini td lepas dari dukungan suami...
jangan sampe suami yang pada komitmen awal dukung supaya istrinya bekerja, tp juga tidak mau membantu untuk sama-sama cari solusi gmn caranya mengisi kekosongan peran ibu di rumah disaat istri itu sedang bekerja..

kalo soal selingkuh si ga musti ada hubungannya ama istri kerja, itu si emang si suami aja ga kuat iman :p

Anonim mengatakan...

komen lagi yaa :p

kalo peran ibu pasti itu tugas istri, namanya juga ibu. Tp jgn sampai salah nganggap kl ngurus anak itu cuma peran ibu. Pendidikan anak dan kasih sayang harus dari 2-2nya dengan porsi yang sama. Kalo di indo aku ngeliatnya urusan anak itu urusan ibu, kl anak nakal yang disalahin ibunya. Padahal kan tugas bapak-ibunya. Jgn sampai tugas ayah cuma mirip pohon duit kekekeke.

udah aah. Tintin...woorf woorff :p

Bunda Rafi mengatakan...

Tin.. udah selesai blm baca bukunya?

Siapa bilang ibu rumah tangga nggak kerja? buktinya kalau pekerjaan yang biasa dilakukan oleh ibu rumah tangga 'terpaksa' dikerjakan oleh orang lain maka kita mesti menggaji orang tersebut kan ya... :)

Kerja di luar ataupun di dalam rumah menurutku itu adalah suatu pilihan yang mestinya telah dipikir plus minusnya.

Ini ada tulisan teman yang cukup bisa mewakili kegundahan istri2 jaman sekarang:
bukan salah ibu bekerja dan waktu yang berkualitas